SBY Akan Temui PM Thailand dan Kamboja

Pertemuan kepala negara ASEAN akan menemui puncaknya hari ini. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kemungkinan besar melakukan pertemuan langsung dengan Perdana Menteri Thailand Abhisit Vejjajiva dan Perdana Menteri Kamboja Hun Sen.

Pagi ini, Minggu (8/5/2011) diperkirakan ketiga kepala negara ASEAN tersebut akan duduk dalam satu meja bersama. Ketiganya kemungkinan besar akan membahas masalah konflik perbatasan yang terjadi antara Thailand dan Kamboja.

Hingga kini belum ada kejelasan tentang pertemuan tiga kepala negara tersebut. Tetapi yang pasti Perdana Menteri Thailand dan Perdana Menteri Kamboja tampak sudah berada di lokasi pertemuan puncak KTT ASEAN di JCC, Jakarta hari ini.

Konflik Thailand dan Kamboja memang memenuhi pertemuan ASEAN sejak dimulai 4 Mei lalu, hingga pertemuan puncaknya hari ini. Belum jelas pula apakah konlfik ini akan dimasukan dalam Chairman Statement yang akan dibacakan Presiden SBY pada penutupan KTT ASEAN sore nanti.

Sementara Thailand dan Kamboja terus memperlihatkan kekerasan hati mereka masing-masing. Meskipun kedua negara menyetujui pengirim tim observer Indonesia ke perbatasan kedua negara, mereka tetap meminta syarat masing-masing yang menyertai.


Thailand mendesak agar Kamboja menarik pasukan mereka dari wilayah perbatasan. Namun Kamboja bersikeras tidak akan menarik pasukan mereka dari wilayah yang disengketakan, karena wilayah itu dianggap semua sebagai wilayah mereka sendiri

0 Response to "SBY Akan Temui PM Thailand dan Kamboja"

Posting Komentar

Powered by Blogger